Kamis, 11 Desember 2008

Automasi/Automation

Automasi

Sekian lama sudah manuasi bergelut di bidangnya masing-masing, kemudahan dan kemudahan itulah yang diinginkan oleh manusia dalam kehidupan.

dari zaman dulu sampai sekarang ternyata manuasia selalu ingin membuat segalanya lebih mudah, akhirnya pada suatu masa manuasia menciptakan yang namanya automasi.

Apa sih automasi itu...

secara singkat automasi mempunyai arti berjalan sendiri, tanpa bantuan manuasia...

ya tanpa bantuan manuasia...

sebenarnya sudah lama automasi ini dikenal oleh manusia, semenjak manusia mengenal peralatan sampai sekarang, hanya kecanggihannya saja yang berbeda.

pada zaman dahulu kala, sebagai contoh, manusia mengail ikan. Dengan pancing,
 kita bisa menangkap ikan tanpa harus menceburkan diri ke air. selain itu dengan cara menancapkan batang pancing ke tanah, kita juga bisa membuat pancing itu bekerja tanpa kita awasi, tahu - tahu ikannya dapat. Itulah konsep automasi.

Automasi berkembang pesat pada saat manuasia menemukan listrik, dan pnuematic (tiupan angin),  saya hanya akan mengetengahkan automasi berdasarkan listrik.

Automasi dengan Listrik

Siapa yang belum tahu lsitrik....? hari gini, ga tahu listrik, sungguh terlalu...

listrik dalam kehidupan sehari - hari digunakan untuk berbagai keperluan, penerangan, pengering rambut, memompa air, menonton tv, mendengarkan music dan lain - lain.

karena kita sehari hari menggunakan listrik, sebagai daya, maka manusia bepikir, " enak kali ya kalau air di tangki penuh, pompa mati sendiri," atau, "enak kali ya kalau lampu di taman nyala sendir ketika senja, dan hidup sendiri, ketika fajar" pemikiran - pemikiran itu lah yang membuat automasi berkembang sampai sekarang, dan semakin canggih. 

Bagaimana listrik bekerja ?

Perhatikan gambar animasi di bawah ini



Saya tidak akan menjelaskan listrik itu apa, yang akan saya bahas adalah alirannya, dan bagaimana listrik membuat peralatan bekerja.

dalam peralan listrik selalu ada dua buah kabel, yang satu line dan yang satu netral. Line memiliki nilai potensial atau tegangan, sedangkan Netral tidak memiliki nilai tegangan, anda mungkin bertanya untuk apa gunanya netral?, netral itu adalah tempat persinggahan arus listrik yang terakhir, artinya apa, walaupun ada tegangan tapi tidak di sambung ke netral,maka arus listrik tidak akan mengalir. kalau tidak percaya, coba saja anda putus satu kabel pada pesawat televisi anda, pasti TV anda tidak akan bekerja. Satu hal lagi, walaupun netral tidak memiliki tegangan tapi netral selalu terhubung ke bumi. jadi bukan netral sebenarnya persinggahan arus listrik terakhir, tapi bumi.

pada gambar di atas, kita bisa melihat itu adalah lampu yang dikendalikan oleh saklar, dan saklar dikendalikan oleh tangan, saklar memutus dan menyambungkan Line listrik yang terhubung ke lampu dan lampu terhubung dengan netral.

Tapi jangan sekali - kali menghubungkan Line ke netral tanpa Beban. itu namanya konslet. atau hubungan pendek. dan bisa menjadi penyebab kebakaran.
Mungkin ada yang bertanya beban itu apa ya? beban itu adalah peralatan listrik seperti lampu, pompa, dispenser yang memiliki daya atau bersatuan watt.

Setelah kita memahami aliran listrik,pengertiannya dapat di singkat :
"Listrik mengalir dari line ke netral,tidak mungkin listrik mengalir dari netral ke line, dan dalam alirannya harus diberi beban".

dengan konsep itu, sampai sekarang industri menggunakannya untuk membuat automasi.


Copyright : wahyu Sulhana 12 desember 2008



 

Tidak ada komentar: